PROSEDUR BIMBINGAN KELOMPOK BK

PROSEDUR BIMBINGAN KELOMPOK BK
Tahap Pembentukan atau Perencanaan
1.      Memberikan salam pembuka dan menerima anggota kelompok secara terbuka.
Contoh Dialog :

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah pada hari ini kita bisa bertemu dan berkumpul dengan keadaan yang sehat tanpa ada halangan satupun. Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih atas kesukarelaan teman-teman karena dapat meluangkan waktu untuk bersedia hadir di ruangan ini untuk melaksanakan kegiatan pada hari ini.

2.      Menjelaskan pengertian dan asas bimbingan kelompok
Contoh Dialog :

Baiklah, disini kita akan melakukan kegiatan bimbingan kelompok. Sebelumnya, saya akan menjelaskan apa bimbingan kelompok itu. Dalam kegiatan ini, kita akan membahas masalah-masalah yang bersifat umum maupun pribadi. Saya berharap kita semua bisa berkata jujur apa adanya, saling terbuka satu sama lain, tidak ada yang ditutup-tutupi. Selain itu, kita harus menjaga kerahasiaan apa yang nanti akan kita bahas bersama, tidak boleh ada orang lain yang tahu. Saya juga berharap teman-teman datang kesini atas dasar sukarela, tanpa ada paksaan dari orang lain…………..

3.      Berdoa
Contoh Dialog :

Baiklah  untuk mengawali kegiatan hari ini alangkah baiknya kita berdoa agar pada kegiatan hari ini dapat berjalan dengan kelancaran tanpa ada gangguan apapun, berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, berdoa dipersilahkan……..
Selasai………

4.      Perkenalan
Contoh dialog :

Agar proses berjalan lancar ada baiknya kalau kita berkenalan terlebih dahulu. Coba kalian memperkenalkan diri masing-masing di mulai dari samping kanan saya.

    Dimulai dari salah satu anggota memperkenalkan diri dan dilanjutkan anggota kelompok. Masing-masing memperkenalkan diri di hadapan anggota lainnya. Agar saling mengenal untuk kelancaran proses kegiatan tersebut.

    Dalam tahap ini kami telah saling mengenal, sebelum pembentukan kelompok ini. Kelompok kami pada awalnya terdiri dari dua kelompok yang di gabungkan menjadi satu, kelompok kami terdiri atas enam laki-laki dan empat perempuan. Setelah membentuk kelompok, kami membentuk susunan kelompok yang terdiri dari ketua, wakil, sekertaris, anggota. Masing-masing anggota kelompok kami mempunyai tujuan yang sama agar terselesaikannya tugas yang diberikan oleh dosen kami, dan kami mampu memahami dan mengerti materi yang di berikan yaitu Prosedur Bimbingan Kelompok, dalam pembentukan kelompok kami membuat kesepakatan yang kami buat agar setiap anggota mampu melakukan tugasnya masing-masing.
Setelah kami membentuk dan menentukan anggota, lalu kami membuat struktur dalam kelompok kami berdasarkan keputusan bersama, antara lain :
1.1.    Ketua, atas nama Eka Mulimin Ma’rif. Dalam penunjukan ketua ini, hal-hal yang kami pertimbangkan antara lain yang bersangkutan kami pandang mampu memimpin kelompok dengan jujur dan tegas dalam mengatur pembagian job desk masing-masing.
1.2.    Wakil, atas nama Seftiyani Falaqiah. Dalam penunjukkan wakil ini, hal-hal yang dipertimbangkan karena teman-teman lebih mempercayakan Sefti, karena dipandang memiliki kecakapan dan bertanggung jawab sebagai wakil ketua kelompok.
1.3.    Sekretaris, atas nama Jumriah Muslin. Yang bersangkutan kami pilih karena menurut kami yang bersangkutan memiliki kemampuan untuk menjadi sekretaris yang bisa membantu pekerjaan ketua dan wakil kelompok ini.
1.4.    Bendahara, atas nama Arpiani Nurlita Adha. Yang bersangkutan kami pilih sebagai bendahara karena menurut kami sangat teliti dan terbuka dalam hal mengatur dan menghitung keuangan dalam kelompok kami.
1.5.    Serta anggota atas nama Adam Fikrianto, Agustinus, Didik Sutrisno, Fajrin Nur Huda, Hendy Perdanata, M. Yusrian Prasetyo, Mariatul Qibtiyah.

5.      Kesepakatan waktu
Contoh Dialog :

Dalam kegiatan ini, kita perlu menentukan kesepakatan waktu, agar kegiatan berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan.
Berapa menit waktu yang kita sepakati?
Baik kalau begitu… kita sepakat, dalam tiap pertemuan kita hanya membutuhkan waktu 120 menit.


Tahap Peralihan
1.      Menjelaskan kembali tentang sekilas tentang bimbingan kelompok kepada para anggota  kelompok.
Contoh Dialog :

Baiklah teman-teman, disini saya akan mengingatkan kembali apa kegiatan bimbingan kelompok itu. Disini kita akan membahas masalah-masalah yang bersifat umum maupun pribadi. Kita akan membahas bagaimana cara mencari solusi atau penyelesaiannya.

2.      Mengembalikan suasana kegiatan dan menanyakan kesiapan para anggota kelompok
Contoh Dialog :

Kita fokus yah teman-teman pada apa yang kita bicarakan jangan ada yang saling mendahului artinya kita harus saling menghargai satu dengan yang lainnya. Bagaimana teman-teman, apa kalian sudah siap?
3.      Pemberian contoh topik yang akan dibahas
Contoh Dialog :

Dalam kegiatan ini kita akan membahas masalah yang bersifat umum maupun pribadi, contohnya kita akan membahas masalah “Penurunan Prestasi Belajar”. Disini kalian dituntut untuk mengemukakan pendapat, saran maupun kritik. Untuk itu saya akan menyerahkan semua pada kalian mengenai topik apa yang akan kalian bahas.

    Dalam tahapan ini, kami mulai membentuk susunan dalam kelompok yaitu, Ketua, Wakil , Sekertaris, dan anggota. Sebelum kami menentukan susunan kelompok, kami berdiskusi mengenai siapa-siapa saja anggota kelompok yang mempunyai kemampuan untuk menjadi ketua, wakil, sekertaris.

Tahap Kegiatan
1.      Mengemukakan Topik
Pemimpin kelompok mulai menanyakan topik apa yang akan dibahas dan menyerahkan kepada anggota kelompok.
Contoh Dialog :

Setelah saya memberikan sedikit contoh, sekarang apa topik yang kalian akan bahas pada kesempatan hari ini? Coba kalian pikirkan baik-baik…
Nanti kita putuskan dan sepakati bersama.

2.      Tanya Jawab
Dalam segmen ini teman-teman melakukan proses tanya jawab untuk bahan diskusi.
Contoh Dialog :

Baiklah teman-teman setelah kalian memilih topik yang akan kalian bahas maka untuk selanjutnya kita akan berdiskusi dengan tanya jawab, saya minta dari kalian untuk mencoba mengeluarkan pendapatnya masing-masing.
Apakah kalian sudah siap?

Melakukan proses Tanya jawab dengan terbuka.

3.      Pembahasan Topik
Pembahasan topik berdasarkan kesepakatan anggota

4.      Selingan
Untuk menghilangkan kepenatan dari anggota kelompok alangkah baiknya mengadakan selingan.
Contoh Dialog :

Baik teman-teman agar kita tidak merasa penat, coba berdiri sejenak dan putar badan ke kanan dan ke kiri.
           
5.      Kesimpulan
Menarik kesimpulan dari hasil diskusi.
Contoh Dialog :

Setelah kita membahas topik tersebut, sekarang apa yang dapat disimpulkan dari pembahasan ini?

Pemimpin kelompok membahas dan menunjuk satu persatu anggota kelompok untuk menyimpulkan hasil dari diskusi.


Tahap Pengakhiran

1.         Mengingat kegiatan akan berakhir dan pemberian kesan dari masing-masing anggota kelompok.
Contoh Dialog :

Berdasarkan dari hasil kesepakatan waktu, ternyata waktu kita tinggal 15 menit lagi….
Bagaimana kalau kita gunakan sisa waktu ini untuk mengemukakan kesan dari kegiatan ini….

2.      Memberikan Laiseg

Dalam  hal ini pemimpin kelompok memberikan Penilaian Segera atau biasa disebut Laiseg. Yaitu pemimpin kelompok menilai dari anggota kelompok, dimana anggota kelompok yang aktif dan anggota kelompok yang pasif.

3.      Mengucapkan terimakasih
Pemimpin kelompok mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota kelompok.
Contoh Dialog :

Saya ucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman semua yang sudah bersedia mengikuti kegiatan pada hari ini. Semoga ada manfaat yang dapat kita ambil dari kegitan ini.

4.      Berdoa untuk penutup
Contoh Dialog :

Untuk mengakhiri kegiatan hari ini alangkah baiknya kita berdoa bersama. Berdoa mulai…. Selesai….
           Saya akhiri Wassalamualaikum Wr. Wb.


1 Response to "PROSEDUR BIMBINGAN KELOMPOK BK"

Ni'mah Sadiq mengatakan...

thanks ya,, artikelnya bagus dan sangat membantu

Poskan Komentar